Belasan ruko di Pasar Merdeka Putussibau-Kalbar terbakar

Putussibau, Kalbar,  (ANTARA News) – Belasan rumah dan toko (ruko) milik warga di Komplek Pasar Merdeka Putussibau, Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat terbakar pada Senin (28/1) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

“Api diduga berasal dari sebuah penginapan hingga akhirnya membesar,” kata Ketua RT 01/RW 01, Pasar Merdeka, Djulianus Chong Tit, saat  ditemui di lokasi kebakaran.

Kebakaran yang diduga berawal dari sebuah penginapan yang berada di kompleks Pasar Merdeka itu dengan cepat membesar dan menghanguskan sejumlah ruko lainnya. 

Menurut Djulianus, belum dipastikan jumlah ruko dan rumah yang terbakar, namun perkiraan sementara sekitar 12 rumah atau ruko. 

Salah seorang pemilik rumah, Appo mengatakan api begitu cepat membesar, sehingga rumahnya juga menjadi dilalap “si jago merah”.

“Api memang dari arah penginapan, makanya saya masih sempat menyelamatkan sejumlah barang penting,” katanya. 

Appo mengatakan, selain rumahnya ada juga beberapa rumah atau ruko yang ikut terbakar di antaranya yaitu rumah Abay, Acong, Acan, Adoy, Ame Bai`, Sadiq, Among, dan Anwar alias Nawar pemilik penginapan.

“Yang saya tahu itu rumahnya yang ikut terbakar,” katanya.

Dikatakannya bahwa petugas pemadam kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Yayasan Bhakti Suci, kemudian TNI – Polri, Pramuka dan Tagana serta seluruh warga yang datang membantu memadamkan api. 

“Bagaimana pun ini memang musibah, namun kami sangat berterima kasih atas bantuan semua pihak yang berupaya memadamkan api,” kata Appo. 

Terkait peristiwa kebakaran itu, pihak Kepolisian belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB, Selasa dini hari. 

“Saya belum bisa memberikan keterangan kronologis kejadian, karena kami akan melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP),” kata Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, Iptu Siko dilokasi kebakaran. 

Terkait adanya informasi korban jiwa seorang anak berusia sekitar lima tahundalam peristiwa itu, pihak kepolisian masih akan melakukan olah TKP. 

Sementara itu, dari informasi yang di lapangan, ada seorang anak yang terjebak di sebuah penginapan yang terbakar tersebut. 

Saat kejadian anak tersebut sedang tidur, sedangkan ibunya pergi karena ada keperluan lain.

Sampai berita ini dilaporkan belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang terkait adanya informasi korban jiwa dalam kebakaran Pasar Merdeka Putussibau.

Baca juga: Aktivitas Kota Putussibau Lumpuh

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Close Menu