Festival dan lomba semarakkan Bulan Bahasa Bali

Denpasar (ANTARA News) – Festival dan berbagai lomba dari tingkat kabupaten/kota hingga desa di Pulau Dewata akan menyemarakkan rangkaian Bulan Bahasa Bali yang digelar untuk pertama kalinya mulai 1 Februari 2019.

“Pelaksanaan Bulan Bahasa ini akan dilaksanakan secara menyeluruh di kabupaten/kota se-Bali bahkan hingga ke tingkat desa. Setelah pembukaan pada 1 Februari mendatang, maka dimulai pula beragam kegiatan untuk mendukung pelaksanaan bulan bahasa tersebut,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, di Denpasar, Senin.

Sejumlah kegiatan terkait dengan pengembangan dan pelestarian Bahasa Bali yang akan dilaksanakan seperti festival nyurat massal, lomba komik online berbasis bahasa, aksara dan sastra Bali, lomba pembuatan meme berbasis bahasa, aksara, dan sastra Bali, lomba postingan status berbahasa Bali di media sosial, serta lomba vlog berbahasa Bali dan sebagainya.

Selain lomba, juga akan diadakan seminar, pameran, pertunjukan, serta penganugerahan penghargaan.

Dewa Mahendra menambahkan, pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang pertama ini akan bertajuk Nangun Sat Kerthi Loka Bali Malarapan Antuk Ngrajegang Bahasa, Aksara lan Sastra Bali.

“Kegiatan ini juga mengacu pada Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bulan Bahasa Bali Prof Dr I Nyoman Suarka MHum mengatakan kegiatan Bulan Bahasa Bali ini merupakan momentum yang sangat strategis dan langkah konkret dalam usaha pelestarian dan pengembangan Bahasa Bali oleh pemerintah provinsi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Pemprov Bali dan Bali merupakan `pilot project` kemajuan dan pembangunan kebudayaan seperti yang selama ini didengungkan,” ujar akademisi dari Universitas Udayana ini.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bulan Bahasa Bali, Made Mahesa Yuma Putra menyebut peserta berbagai lomba seperti festival nyurat lontar massal yang dilaksanakan serangkaian pembukaan Bulan Bahasa juga telah dipastikan keikutsertaannya.

“Peserta sudah dipastikan, 1.000 orang dari kalangan siswa SMP sampai mahasiswa hingga masyarakat umum akan berpartisipasi,” ujarnya.

Sedangkan sebagai penutup Bulan Bahasa Bali juga akan dilaksanakan penyerahan penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama terhadap insan masyarakat yang berjasa terhadap pelestarian dan pengembangan bahasa, aksara dan sastra Bali.

“Untuk kompetisi berbasis media sosial saya mengajak semua kalangan untuk turut berpartisipasi karena pendaftarannya masih terbuka hingga 10 Februari 2019 dan memperebutkan hadiah jutaan rupiah,” ucapnya.

Baca juga: Bahasa Bali ada kaitannya dengan kerajaan Jawa
Baca juga: Bentara Budaya Bali gelar pementasan dan dialog sastra

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Close Menu