Kepala BPPT ingin fokus pada program unggulan

Jakarta (ANTARA News) – Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan BPPT ke depan akan berfokus pada menggali lebih banyak program dan produk unggulan (flagship).

“Sangat penting kita perkuat untuk membuat BPPT itu menjadi pendamping dan mengembangkan ‘flagship’-nya bersama-sama kementerian, lembaga dan masyarakat secara luas,” kata Hammam usai acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan BPPT, Jakarta, Rabu. 

Dia menginginkan agar program dan kegiatan BPPT harus menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi  sebagai penghela pertumbuhan ekonomi bangsa sehingga mendorong terciptanya ekonomi yang didorong oleh kemampuan bangsa dalam melaksanakan inovasi dan teknologi.
 
“Yang mau kita kerjakan di BPPT itu harus merupakan sebuah flagship. Flagship yang terkait dengan prioritas pembangunan kalau dikaitkan dengan rencana induk riset nasional,” tuturnya

Selain itu, dia mengatakan ingin mengedepankan penguatan kelembagaan dan regulasi terkait dengan berbagai penugasan nasional yang diharapkan dari BPPT.

“Kita ingin pastinya BPPT itu ingin melaksanakan kegiatan-kegiatan yang memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kementerian, lembaga terkait,” tuturnya.

Kemudian, dia menginginkan BPPT juga harus mengembangkan sumber daya baik perekayasa, peneliti dan membangun masyarakat untuk bisa tumbuh bersama dengan inovasi.

“Inilah namanya ‘human centric innovation, inovasi yang berpusat pada manusianya karena manusia itu yang menjadi penggerak inovasi dan melaksanakan seluruh proses hilirisasai karena memang hilirisasai itu ada di masyarakat,” tuturnya.

Dia mengatakan semua yang dibangun atau dikembangkan BPPT diharapkan digunakan oleh masyarakat, kementerian, lembaga maupun dunia industri secara nasional.

“Saya ingin BPPT itu memperkuat program dan kegiatannya melalui refocusing berbagai kegiatan untuk menuju pada flagship,” ujarnya.
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Close Menu