UMY kirim 54 mahasiswa ke enam negara

Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Muhammadiyah(UMY) Yogyakarta mengirimkan 54 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk melakukan program pertukaran mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di enam negara.

“Dalam kurun waktu satu semester, 54 mahasiswa itu akan mengenyam pendidikan di universitas yang tersebar di Spanyol, Thailand, Malaysia, Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan,” kata Rektor UMY, Dr Gunawan Budiyanto di Gedung Pascasarjana UMY, Yogyakarta, Kamis.

Pada pelepasan 54 mahasiswa UMY, Gunawan mengatakan seluruh mahasiswa itu akan berangkat menuju negara tujuan dalam kurun waktu Januari dan Februari 2019 secara bergiliran.

Menurut dia, mahasiswa yang akan menjalani program pertukaran berasal dari berbagai fakultas yang ada di UMY, antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pendidikan Bahasa.

Mereka akan belajar di Asia University, Universidad Jaume, Tamkang University, Sun Moon University, Universiti Utara Malaysia, SIAS Internasional University, Internasional Islamic University Malaysia.

Selain itu, Universiti Sains Islam Malaysia, Universiti Sains Malaysia, Thammasat University, Maejon University, Universiti Kebangsaan Malaysia, National Central University, dan Capitol Technology University.

Ia mengatakan, seluruh mahasiswa harus sadar bahwa mereka adalah duta dari Islam, Indonesia, dan Persyarikatan Muhammadiyah. Untuk itu, mahasiswa yang akan tersebar di negara yang memiliki populasi Muslim sedikit harus bisa menunjukkan nilai luhur dari Islam dan Indonesia.

Selama kegiatan itu berjalan, menurut dia, seluruh mahasiswa akan bertindak sebagai pendakwah melalui akal, perkataan, dan perbuatan.

“Ketika sudah di sana, jangan malu untuk mengakui bahwa kalian adalah Islam. Tunjukkan hal-hal positif kepada semua orang, maka kalian akan menjadi duta yang baik bagi agama, negara, dan Muhammadiyah,” kata Gunawan.

Kepala Urusan Internasional Lembaga Kerja Sama UMY, Yordan Gunawan, mengatakan bahwa seluruh mahasiswa yang akan belajar di mancanegara mendapatkan beasiswa yang diberikan oleh UMY.

Untuk itu, dia berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan waktu dengan baik, aktif dalam segala kegiatan maupun berbicara, dan bisa menjaga adab pergaulan.

“Seluruh mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa itu adalah perwakilan dari Islam, Indonesia, dan Muhammadiyah. Seluruh mahasiswa harus bisa memberikan informasi mengenai hal itu, karena semua orang membutuhkan informasi tersebut,” tandas Yordan.

Baca juga: UMY publikasikan 90 paper di jurnal terindeks Scopus
Baca juga: UMY resmikan laboratorium penelitian kedokteran dan terapi molekuler
Baca juga: UMY dorong mahasiswa kembangkan pergaulan global

 

Pewarta:
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Close Menu